Selasa, 24 Februari 2015

Swiss Bantu Kembangkan Petani Kakao di Sultra

Sumber Foto: Harian Terbit
 
Kendari- Pemerintah Swiss melalui Lembaga Swisscontact tertarik untuk membantu mengembangkan kakao di Sulawesi Tenggara (Sultra) dengan cara mengedukasi petani kakao di daerah itu.

Konsuler kehormatan Swiss untuk kawasan Indonesia Timur, Julia Pupela di Kendari, Jumat, mengatakan, edukasi yang diberikan tersebut melalui Swisscontact di antaranya penguasaan akses pasar dan pengelolaan budidaya tanaman kakao.


"Melalui Lembaga Swisscontact telah membantu petani kakao di Provinsi Sulawesi Tenggara membuka akses pasar petani kakao dalam rangka meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka," katanya seperti dilansir Antara, Jumat (6/2).


Disebutkan, petani kakao yang diedukasi dalam hal pengembangan kakao tersebut ada di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur yang merupakan sentra produksi kakao di daerah itu.


"Salah satu kendala dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani kakao karena lemahnya akses pasar petani kakao,"katanya.


Menurutnya, petani merugi karena tidak memahami permainan pasar yang dilakukan tengkulak kakao yang sengaja memanipulasi harga kakao agar selalu rendah, ditambah lagi kualitas dan mutu kakao dinilai rendah meski kualitasnya sesungguhnya bagus.


"Komdisi itulah yang menjadi salah satu alasan untuk bekerja sama dengan pemerintah daerah ini untuk mengembangkan kakao yang dimulai dengan memberikan edukasi atau pelatihan kepada petani," kayanya.


Julia berharap, kerja sama itu bisa lebih meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dengan Swiss, sehingga tujuan dari program itu bisa terwujud yakni membantu meningkatkan kesejahteraan petani.

Sumber: Harian Terbit

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More