Kamis, 02 April 2015

Hama Utama Tanaman Kakao

1. Penggerek Buah Kakao 

Hama penggerek buah kakao (PBK) pada awalnya disebut juga dengan Acrocercops Cramerella dan saat ini selalu disebut dengan Conopomorpha Cramerella snellen. Hama ini merupakan hama utama pada tanaman kakao di Asia Tenggara dan Indonesia. Hama kakao ini sangat merugikan karena serangannya dapat merusak hampir semua hasil (buah). Hama PBK dapat menurunkan produksi hingga 80% jika tidak ditanggulangi dengan cepat.

2. Kepik penghisap buah kakao (Helopeltis sp.) 
Kepik penghisap buah kakao (Helopeltis sp.) merupakan hama yang menyerang kakao dengan cara menusuk dan menghisap cairan sel. Akibatnya timbul bercak-bercak cekung berwarna coklat kehitaman. Serangan pada buah muda dapat menimbulkan kematian, atau berkembang terus tetapi permukaan buah menjadi retak dan bentuknya tidak normal, sehingga menyebabkan layu dan mati. Pada serangan berat, daun-daun gugur dan ranting mengeras. Serangan hama ini dapat menurunkan produksi sebesar 50-60 %, dan serangan yang berulang setiap tahun dapat menimbulkan kerugian sangat besar karena tanaman tidak sempat tumbuh normal.

3. Penggerek batang (Squamura sp.) 
Penggerek batang (Squamura sp.) adalah hama utama pada tanaman kakao yang menyerang pada batang atau cabang dengan cara menggerek batang kakao sampai ke jaringan pengangkut. Ulat (larva) hama ini merusak bagian batang/cabang dengan menggerek menuju empulur (floem) batang/cabang. Selanjutnya gerakan membelok ke atas. Panjang lobang gerekan 40 - 50 cm. Pada permukaan lubang yang baru digerek sering terdapat campuran kotoran dengan serpihan jaring. Akibat gerekan ulat, bagian tanaman di atas lubang gerekan akan merana, layu, kering dan mati. Bila tanaman yang diserang masih kecil atau tanaman yang belum menghasilkan maka menimbulkan kerugian yang cukup besar. Jelaskan juga tentang hama penggerek batang yang lain.
Sumber: Modul Penerapan Budidaya Terbaik Kakao - SCPP




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More